Selasa, 20 Desember 2011

Makalah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Agar mutu pendidikan yang dikembangkan tetap baik, maka perludiadakan dan diciptakan suatu fasilitas yang dapat membantu dan mendoronghasil belajar siswa. Sebagai realisasinya Pemerintah membuat beberapa peraturan dan perundang-undangan, diantaranya UUSPN No.20 Tahun 2003,yang mengatur tentang Sistem Pendidikan Nasional. “Yang dimaksud SistemPendidikan Nasional adalah : Keseluruhan pendidikan yang saling terkait secaraterpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional”.(UUSPN No.20 Tahun 2003: 9).Dalam Undang-undang tersebut juga disebutkan fasilitas pendidikan diaturdalam pasal 45 ayat 1 yang berbunyi: Setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan fasilitas yang memenuhi keperluan pendidikan sesuaidengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kewajiban peserta didik.Sistem pendidikan perlu disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan disegala bidang yang memerlukan berbagai jenis keahlian dan ketrampilan sertadapat sekaligus meningkatkan produktivitas, mentalitas, mutu dan efisiensi kerja. Dalam hal ini beberapa jenis dan tingkat pendidikan serta latihan kejuruanperlu lebih diperluas dan ditingkatkan mutunya dalam rangka mempercepat2dipenuhinya kebutuhan tenaga-tenaga yang cakap dan terampil untuk pembangunan di segala bidang.

Salah satu tujuan Pendidikan Nasional adalah meningkatkan ketrampilandan mempertinggi budi pekerti, titik berat pembangunan pendidikan diletakkanpada peningkatan mutu dan perluasan pendidikan dalam rangka mewujudkandan menetapkan pelaksanaan wajib belajar serta meningkatkan mutu pendidikansehingga perlu dilakukan usaha penyediaan fasilitas pendidikan agar tujuan pendidikan tercapai.

Tujuan pendidikan dikatakan tercapai apabila hasil belajar siswa mengalami perkembangan dan peningkatan. Adapun yang dimaksud dengan hasil belajar adalah hasil dari usaha belajar yang dilaksanakan siswa. Dalam pendidikan formal selalu diikuti pengukuran dan penilaian, demikian juga dalam proses kegiatan belajar mengajar, dengan mengetahui hasil belajar dapat diketahui kedudukan siswa yang pandai, sedang atau lambat. Laporan hasil belajar yang diperoleh siswa diserahkan dalam periode tertentu yaitu dalam bentuk Buku Raport. Dalam usaha untuk mencapai suatu hasil belajar dari proses belajar mengajar seseorang siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:

1.      Faktor internal

Yaitu faktor yang timbul dari dalam diri siswa itu sendiri. Digolongkan menjadi dua, yaitu: faktor fisiologis dan faktor psikologis. Misalnya: faktor fisiologis diantaranya: keadaan fisik, sedangkan factor psikologis, diantaranya: intellegensi, bakat khusus, minat dan perhatian, keadaan emosi serta disiplin.


2.      Faktor eksternal

Yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa itu sendiri. Digolongkan menjadi dua, yaitu: faktor sosial dan faktor non sosial. Misalnya: faktor sosial, diantaranya: manusia (sesama manusia) baik manusia itu ada (hadir) maupun kehadiranya itu dapat disimpulkan, jadi tidak langsung hadir, sedangkan faktor non sosial, diantaranya: keadaan udara, suhu, cuaca, waktu, tempat, alat-alat yang dipakai untuk belajar, alatalat pelajaran, dan lain-lain(Suryabrata, 1993: 249). Madrasah Ibtidaiayah Negeri Blang Pidie (MIN) adalah bentuk satuan pendidikan dasar yang diselengarakan untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan dasar serta mempersiapkan siswa untuk mengembangkan sikap berakhlak dan modern. Komputer sebagai salah satu jenis pelajaran ketrampilan. Merupakan mata diklat yang sangat perlu atau penting untuk diberikan dan dikuasai oleh siswa (khususnya MIN Blang Pidie). Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa komputer telah banyak digunakan di instansi pemerintah maupun swasta sebagai alat untuk membantu kelancaran kerja serta segala aktivitas manusia sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dengan mengerti dan menguasai komputer tersebut diharapkan siswa sebagai sumber daya manusia (tenaga kerja) dapat memahami computer sejak dini. Agar mereka sebagai siswa bisa menyesuaikan dengan era sekarang.

Proses dan hasil belajar tergantung pada berbagai faktor, secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajarantara lain: bahan atau hal yang dipelajari, faktor lingkungan, factor instrumental, kondisi individual subyek belajar. Faktor-faktor instrumental sengaja diadakan atau direncanakan dengan maksud untuk memperlancar dan memungkinkan pelaksanaan proses belajar mengajar dan hasil belajar yang diharapkan berhasil dengan baik. Faktor itu dapat berupa perangkat keras (hardware) seperti gedung, ruangan, laboratorium, perpustakaan dan sebagainya atau dapat juga berupa perangkat lunak (shoftware) antara lain kurikulum, paket-paket program, program panduan belajar.

B.  Identifikasi dan Rumusan Masalah
1. Identifikasi Masalah

Untuk memperoleh gambaran dan penjelasan ruang lingkup permasalahan yang akan diteliti serta untuk mengarahkan cara berpikir dalam menentukan jawaban dari permasalahan, maka perlu dilakukan identifikasi masalah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, bahwa lulusan MIN Blang Pidie  merupakan satuan pendidikan dasar yang diselenggarakan untuk melanjutkan dan meluaskan pendidikan serta mempersiapkan siswa untuk memasuki jenjang pendidikan berikutnya. Jadi mata diklat komputer merupakan pegangan penting yang harus diberikan dan di kuasai oleh siswa (khususnya MIN). Maka identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah:

a. Fasilitas komputer yang cukup memadai dapatkah mempengaruhi hasil belajar komputer?
b. Hasil belajar komputer yang masih rendah, dapatkah mempengaruhi lulusan MIN Blng Pidie, nantinya dalam memasuki jenjang pendidikan berikutnya?
c. Adanya kecenderungan siswa belum begitu paham akan manfaat mata diklat komputer.






2.      Rumusan Masalah

a. Adakah pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar komputer siswa  di MIN Blang Pidie?
b. Seberapa besar pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar komputer siswa di MIN Blang Pidie?


C.Tujuan Penelitian dan Kegunaan Penelitian

1.      Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :

a. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar komputer siswa di MIN Blang Pidie?
b. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar komputer bagi siswa di MIN Blang Pidie ?

2.      Adapun kegunaan dalam penelitian ini adalah :

a. Sebagai masukan bagi lembaga pendidikan (MIN) yang bersangkutan agar diusahakan fasilitas
belajar yang memadai yang pada akhirnya hasil belajar komputer sesuai dengan yang diharapkan.
b. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai sumber informasi penelitian lebih lanjut.
c. Bagi penulis sebagai pengalaman dalam penelitian.









BAB II
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Hasil Penelitian

Hasil penelitian pada dasarnya memuat berbagai hal meliputi pengungkapan data dari instrumen penelitian dan metode analisis data yang diperoleh untuk menjawab permasalahan yang diajukan.

B. Uji Validitas dan reliabilitas

Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket penelitian fasilitas belajar. Sebelum instrumen fasilitas belajar digunakan untuk pengambilan data, terlebih dahulu dilakukan ujicoba di lapangan untuk mengetahui apakah instrumen tersebut layak digunakan yaitu valid dan reliabel.

C. Hasil Uji Normalitas Data

 Data dari hasil angket fasilitas belajar terlebih dahulu diadakan uji prasyarat data sebelum data dianalisis. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah data yang terkumpul memenuhi syarat untuk dianalisis atau tidak. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas.

D. Hasil Deskriptif Persentase

Analisis deskriptif persentase terhadap skor yang diperoleh digunakan untuk mengetahui gambaran jawaban responden atau persepsi responden 56 terhadap fasilitas belajar yang ada di MIN Blang Pidie. Hasil deskriptif persentase skor pada variabel fasilitas belajar Secara keseluruhan gambaran fasilitas belajar dapat dilihat dari rata-rata persentase skor dari indikator-indikator yang ada. Hasil rata-rata persentase skornya pada variabel ini sebesar 70,1% dan termasuk dalam kategori baik.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan pada Bab II dapat diambil beberapa simpulan antara lain:
1. Ada pengaruh antara fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa MIN Blang Pidie
2. Fasilitas belajar memberikan sumbangan efektif terhadap hasil belajar siswa MIN Blang Pidie
    disebabkan oleh faktor lain di luar penelitian ini.

B.     Saran

Bertumpu pada kesimpulan tersebut, peneliti menyarankan sebagai berikut:
2. Karena fasilitas belajar mempunyai pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar, maka perlu
    penggunaan fasilitas yang optimal dan bila mungkin diadakan penambahan fasilitas yang lebih
    baik lagi di MIN Blang Pidie.
3. Siswa hendaknya diberikan kesempatan untuk belajar dan berlatih dengan menggunakan 
    fasilitas – fasilitas yang ada diluar jam pelajaran dengan diawasi /dipandu oleh guru mata
    diklat, sehingga siswa dapat mengulangi pelajaran khususnya yang belum lancar.











DAFTAR PUSTAKA


Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi
Aksara.
2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Darsono, Max. 2000. Belajar Pembelajaran. Semarang. IKIP : Semarang Press.
Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : PN Persero Balai Pustaka.
Djamarah. 2002. Strategi Belajar mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Hamalik Qemar. 1990. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung:
Tarsito Bandung.
2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Haryadi, Sugeng. 2003. Psikologi Perkembangan. Semarang : UPT MKDK UNNES
Poerwodarminto. 1980. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Dinas
Penerbitan Balai Pustaka.
1995. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : PN Persero
Balai Pustaka.
Purwanto. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Soeparwoto. 2004. Psikologi Perkembangan. Semarang : UPT MKK UNNES.
Sudjana, MA. 2001. Metode Statistik. Bandung : Tarsito Bandung.
Sugandi, Achmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang : UPT MKK UNNES.
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfabeta.
2002. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.
Sujanto, Agus. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Aksara Baru.
Suryabrata, Sumadi. 1993. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Persada.
.


1 komentar:

  1. Online casino site 2021【VIP】best slots games
    Online casino site 2021【VIP】best slots games · 1xbet · Ignition Casino · Bovada · NetEnt · NetEnt. luckyclub.live

    BalasHapus